Set lokasi bisa jadi tempat yang sibuk. Baik untuk produksi film, company profile, atau sekedar pengambilan gambar. Akan selalu ada banyak kabel yang menghubungkan lampu, kamera, dan lainnya. Tentunya, kamu harus punya manajemen kabel yang baik. Berikut tip dan trik untuk menjaga kabel tetap rapi dan tidak menganggu.

 

1. Label, Label, Label

Beri label untuk semua kabelmu! Kamu bisa menggunakan stiker label, tape, atau label tag. Hal ini berguna untuk menandai kepemilikan kabel atau sebagai petunjuk tipe kabel tersebut, sehingga memudahkan pencarian.

 

2. Ikat Menjadi Satu

Sebisa mungkin, pastikan kabel diikat menjadi satu. Tentunya kamu juga akan lebih suka jika memiliki jalur utama untuk kabel di set kamu, daripada kabel yang berserakan di lantai dan rawan untuk terinjak. Kamu bisa menggunakan selotip, pengikat kabel, atau kabel ties.

 

3. Rekatkan Kabel

Cara lainnya adalah merekatkan kabel, kamu bisa merekatkannya di sudut dinding atau lantai. Hindari menggunakan lakban karena dapat merusak lantai. Kamu bisa menggunakan gaffer tape sebagai pilihannya.

 

4. Gulung dengan Benar

Saat kabel tidak digunakan, pastikan untuk menggulung dan menyimpannya dengan benar. Kamu bisa melihat beberapa tutorial cara menggulung kabel yang benar di Youtube.

 

5. Gunakan Storage Box

Setelah kabel digulung, simpan dengan rapi di dalam kotak atau plastik bening untuk memudahkanmu ketika membutuhkannya kembali. Jangan lupa untuk menambahkan label sebagai petunjuk.