VGA (Video Graphics Array) adalah video port analog yang menghubungkan graphic card dan monitor. Fungsi ini pun terus berkembang dengan hadirnya sinyal digital seperti HDMI dan DVI. VGA biasanya digunakan pada monitor, laptop, proyektor, atau televisi.

Koneksi VGA tidak dapat menyalurkan audio seperti HDMI, sehingga harus melalui koneksi khusus ke speaker eksternal. Salah satu solusinya adalah menggunakan VGA Adapter yang telah dilengkapi oleh port audio.

Penggunaan Adapter HDMI to VGA ini menjadi jembatan dari perubahan teknologi video.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Meskipun teknologi video kini telah berkembang ke arah digital, beberapa perangkat masih menggunakan sistem analog. Hal ini membuat Adapter HDMI to VGA berperan penting. Secara umum, adapter ini menjadi penghubung antar input dan output port yang berbeda, seperti dari monitor/laptop ke proyektor.

Penggunaan adapter HDMI to VGA mampu menghubungkan perangkat lawas dengan yang lebih baru. VGA menjadi standar selama bertahun-tahun, yang kemudian DVI muncul sebagai standar industri pada 1990-an.

Akhirnya HDMI muncul pada awal 2000-an dan mampu mengontrol audio perangkat. Hal ini tentunya meningkatkan teknologi video game, streaming video, dan presentasi.