Setelah HDMI Forum, organisasi yang menetapkan standar untuk kabel HDMI (kabel penghantar sinyal video dan audio ke perangkat output) merilis standar HDMI 2.1 pada 2017, kini HDMI 2.1 sudah resmi beredar di Indonesia. Sebagai pembanding, kabel HDMI 2.1 resmi harus memiliki QR Code hologram yang telah  dikeluarkan oleh HDMI Forum pada kemasan sebagai tanda bahwa kabel telah lulus serangkaian tes dan mendapatkan sertifikasi dari HDMI Forum.

HDMI 2.1 Resmi memiliki QR Code pada kemasan yang dapat di-scan (source: hdmi.org)

Pengguna cukup men-scan ­QR Code pada kemasan di aplikasi “HDMI Cable Certification” yang telah tersedia di Playstore atau Appstore. Kabel resmi juga harus memiliki tulisan ‘Ultra High Speed HDMI Cable’ dan logo HDMI® yang tercetak pada kabel dan kemasan.

Salah satu brand Jerman, Lindy, telah membawa HDMI 2.1 resmi ke Indonesia lewat PT Lindy Technik Indonesia. Tentunya hal ini menjadi angin segar bagi kamu yang khawatir dengan sembarang kabel. Kabel HDMI 2.1 dari Lindy sendiri memiliki keunggulan dibandingkan dengan kabel HDMI 2.1 lainnya, yaitu mendukung resolusi hingga 10K@120Hz. Hingga saat ini, kabel Lindy menjadi brand pertama di dunia yang telah memiliki kabel HDMI 2.1 berukuran 5m dengan sertifikasi.

Perbandingan resolusi samapi 10K (source: hdmi.org)

Kabel HDMI 2.1 resmi memiliki fitur yang tentunya diburu oleh para gamers, yaitu mendukung Dynamic HDR, Variable Refresh Rate (VRR), Automatic Low Latency Mode (ALLM), Quick Picture Transmission (QFT), Quick Media Switching (QMS), dan Enhanced Audio Return Channel (eARC). Kabel HDMI 2.1 sangat cocok digunakan untuk PC dan konsol game seperti PS 5 dan Xbox Series X. Sesuai dengan standar HDMI 2.1, kabel ini kompatibel dengan semua spesifikasi HDMI sebelumnya sehingga perangkat HDMI baru tetap bisa digunakan dengan perangkat HDMI lama.

Konstruksi kabel Lindy

Pada konstruksi kabel Lindy sendiri, memiliki konektor terminal yang dilapisi oleh emas murni 24 karat untuk memberikan durabilitas tinggi dan sinyal yang lebih baik. Sebagai tambahan, kabel ini dilindungi oleh triple shielding ­atau 3 jaket pelindung dan 100% alumunium mylar serta 85% tinned copper braided.

Kabel ini juga telah memiliki sertifikasi RoHS, REACH, UL, dan ATC sebagai syarat produk yang dijual di Eropa. Selain itu, kemasan Lindy juga ramah lingkungan karena dapat digunakan kembali sehingga mengurangi sampah plastik. Brand yang telah berdiri sejak 1932 ini telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 sebagai jaminan mutu dan kualitas produk. Khusus di Indonesia, produk Lindy memiliki garansi selama 2 tahun. Kabel HDMI 2.1 resmi ini dibanderol mulai dari Rp 599,000 untuk ukuran 1 meter dan Rp 1,290,000 untuk ukuran paling panjang, yaitu 5 meter dan bisa didapatkan langsung di Official Store Lindy Indonesia.