Buat kamu yang sering liat keterangan ‘Required DP Alt Mode’, pasti suka bingung enggak sih sama catatan satu ini? Apa sih DP Alt Mode? Yuk simak informasinya berikut ini!

DP Alt Mode adalah sinyal DisplayPort yang ditransfer oleh port USB-C. Mode ini akan menghubungkan source video, seperti PC, tablet, laptop, dan smartphone ke perangkat layar, seperti TV, proyektor, hingga switcher.

Sayangnya, tidak semua port USB-C itu mampu mendukung DP Alt Mode ini. Kamu harus mengidentifikasi perangkat USB-C yang kamu punya dapat mendukung DP Alt Mode melalui USB-C atau tidak.

Catatan penting juga nih! USB-C yang mendukung DP Alt Mode adalah USB Type C 3.1 Gen 2 (Bandwidth 10Gbps). Jadi, kalau perangkat kamu tidak support DP Alt Mode atau belum USB C Type C 3.1 Gen 2, dia tidak akan bisa mengirimkan sinyal video ke display atau monitor kamu.

Cara Mengidentifikasi Perangkatmu

 

Cara terbaik untuk mengidentifikasinya adalah dengan memeriksa spesifikasi produk atau device kamu di situs web resminya, atau situs lain yang membahas secara lengkap perangkat milikmu, seperti gsmarena.com.

Selain itu, buat device kamu yang sudah menggunakan USB-C Thunderbolt 3, seperti iMac Pro, iMac 2017, dan semua MacBook Pro yang dirilis dari 2016, memiliki fungsi DP Alt Mode ini. Jadi, tentunya device dengan port Thunderbolt 3 kamu mampu mengirimkan video ke display.