Buat kamu para gamers, siapa sih yang gak kenal dengan Channel Youtube ‘Ninja’? Salah satu streamer legend di dunia gaming. Buat kamu yang ingin mengikuti jejaknya, tentunya harus siap dengan beberapa komponen penting agar live-streaming bisa lancar. Yuk kita bahas!

Image Credit: Popdog/Loaded

1. Koneksi Internet

Ini komponen paling penting bagi streamer gaming. Bayangin kalau koneksi internet kamu gak stabil, tentunya akan membuat penonton jadi kabur karena lag yang terjadi. Pastikan kamu memiliki koneksi stabil, ya!

2. Headset/Headphone

Perlengkapan wajib ini juga gak boleh ketinggalan. Headset ini berguna untuk kamu nantinya berkomunikasi, kecuali, kamu melakukan silent challenge untuk kontenmu.

3. Kamera

Kamera ini akan merekam ekspresi serta gerak-gerik kamu, selain itu, kamu juga bisa berinteraksi dengan para penonton.

4. Dua Layar untuk Live Streaming

illustration: freepik.com

Umumnya, streamer gaming memiliki layar lebih dari satu. Layar pertama untuk bermain game dan layar kedua untuk kamu membuka program pendukung, seperti OBS, yang tentunya berguna untuk merekam aktivitas kamu. Selain itu, layar kedua ini juga berguna untuk kamu berinteraksi dengan penonton yang menggunakan layanan live streaming, seperti Twitch dan Youtube Gaming. Pastinya, gak nyaman dong kalau main game tapi gak fullscreen?

5. Tempat Duduk yang Nyaman

Kamu tahu gak sih? Kursi gaming memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda dengan kursi biasa, lho. Perhatikan juga posisi duduk kamu ketika live streaming agar tidak terus mengubah posisi.

6. Kabel yang Berkualitas dan Tahan Lama

source: lindy.com

Meski susunan kabel kamu rapi, tapi pas live streaming ternyata ada gangguan sama kabelnya, tentunya konsentrasi kamu jadi buyar dong. Kursi sudah keren, monitor sudah keluaran yang terbaru, tentunya harus dibarengi juga dengan kabel yang berkualitas.

7. Perawatan Perangkat

Nah, hal terakhir ini wajib banget kamu jalanin. Walaupun komputer kamu sudah tingkat dewa, thermal paste di PC kamu tetap harus dirawat. Berikan perawatan setidaknya 6 bulan sekali.

Menurut kamu, apalagi nih komponen yang diperlukan oleh seorang Streamer Gaming?